Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Laptop Anda Lemot? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Mengatasi Laptop Lemot yang Sering Menjadi Masalah
Banyak cara untuk mengatasi laptop lemot yang bisa kamu temukan melalui internet. Laptop lemot memang sering menjadi masalah oleh beberapa orang. Apalagi bagi pekerjaan tentu sangat menganggu.

Kinerja dari laptopmu yang lambat sangat menganggu aktivitas pekerjaan. Apalagi didalam terdapat banyak data pekerjaan, tentu hal membuat emosi. Ada beberapa penyebab untuk pc atau laptop mengalami kinerja lambat.

Saat ini menggunakan barang elektronik dan system online, mengharuskan siapa saja menggunakan gadget atau komputer. Jika kamu mempunyai budget lebih maka bisa langsung menggantinya dengan terbaru.

Tetapi, kebanyakan dibanding membeli baru lebih baik untuk mengatasi laptop lemot tersebut. Apalagi belum ada budget untuk membeli vesi terbaru. Bahkan ada yang membiarkannya, karena malas membawa ke tempat service.

Tetapi, jika kamu tidak mengetahui penyebabnya maka percuma saja. Karena hal itu akan terulang lagi ke komputer yang baru. Sehingga kenali dengan baik penyebab serta cara yang benar mengatasinya.

Perawatan laptopnya juga harus diperhatikan, karena jika berdebu maka akan menganggu kinerjanya juga. Sehingga bisa diservice secara berkala. Sehingga meminimalisir kinerja perangkat lemot atau lamban.

Ketahui Penyebabnya Sebelum Mengatasi Laptop Lemot

Untuk bisa mengatasi laptop yang lemot maka sebaiknya mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Hal tersebut menjadi faktor penting, sehingga kamu tidak perlu membongkar atau mengotak atik dan ternyata bukan penyebabnya. Berikut kemungkinan penyebab laptopmu lemot.
  1. Kemungkinan laptopmu berjalan lambat adalah karena banyak aplikasi sedang berjalan.
  2. Kemudian penyebabnya adalah karena hard disk sudah penuh, sehingga kinerja laptopnya berat.
  3. Kamu juga bisa melihat hard disk lama atau baru. Karena hard disk lama bisa mempengaruhi peforma laptopnya.
  4. Banyak temporary files memakan ruang hard disk serta menjadikan kinerja lebih lambat.
  5. Terdapat program berat yang tidak ada dukungan processor menjadikan laptop lambat.
  6. Karena RAMnya terlalu kecil serta laptop sudah tua.
  7. Akibat serangan virus
Memang tidak dipungkiri bahwa virus bisa masuk kapan saja. Baik melalui internet saat kamu mengakses sesuatu, atau dalam flashdisk. Sehingga pastikan bahwa laptopmu sudah memiliki system pemindai virus.

Bahkan karena virus ini bisa membuat laptopmu rusak. Cara mengatasi laptop lemot juga tidak cukup, sehingga penting memiliki pemindai virus. Dengan begitu, walaupun lemot tetapi masih dalam keadaan aman.

Kemudian pada saat membeli laptop baru, maka pastikan spesifikasinya sudah bagus termasuk RAM laptopnya. Karena RAM berpengaruh kepada kinerjanya. Apabila RAM kecil maka kinerjanya tentu lambat.

Beberapa kemungkinan tersebut dapat menjadi penyebab menurunnya kinerja pada perangkat komputer maupun laptopmu. Setelah mengetahui penyebabnya maka kamu tinggal mencari cara mengatasi laptop yang lemot tersebut.

Bagaimana Mengatasi Laptop yang Lemot ?

Menggunakan sesuatu yang melewati batas atau berlebihan juga dapat menyebabkan perangkat ngelag atau lemot. Sehingga gunakan cara agar bisa mengatasi laptop lemot. Berikut beberapa cara yang bisa menjadi solusimu.

Memakai Antivirus

Alasan yang menjadi laptop lemot yaitu dikarenakan laptop terserang virus. Hal ini sering ditemui, apabila tidak segera diatasi maka bisa membuat rusak. Sehingga kamu wajib mempunyai antivirus gratis, atau bahkan berbayar.

Pastikan saat mengatasi laptop lemot kamu mengeceknya setiap hari serta lakukan update antivirus. Hal ini dikarenakan supaya virus bisa terbaca jika ingin menyerang laptopnya. Sehingga kinerja tetap stabil dikarenakan virus.

Memperhatikan Spesifikasi Laptop

Berikutnya mengecek spesifikasi laptopnya sebelum membeli. RAM besar dan bagus tentu bisa menjadi pilihan. Tetapi hal tersebut disesuaikan dengan aktivitas, untuk bekerja, main game atau lainnya.

Cek Aplikasi

Mengatasi laptop lemot berikutnya cek aplikasi yang kamu miliki, apabila tidak dipakai maka sebaiknya dihapus atau uninstall. Sehingga kinerja tidak menjadi lambat karena terlalu berat aplikasi yang dipakai.

Bersihkan Desktop dan Aplikasi Saat Startup

Kemudian pastikan juga kamu tidak menjalankan aplikasi secara bersamaan saat laptopnya sedang startup. Kamu bisa mematikan yang sekiranya tidak lagi dipakai. Dengan cara membuka task manajer.

Tambah RAM

Apabila laptop mempunyai kapasitas RAM kurang dari 4 GB. Maka kamu dapat menambahkan menjadi 8 atau 16 GB. Hal tersebut supaya kinerjanya tidak lambat saat kamu gunakan.

Selain beberapa cara di atas masih ada beberapa yang lain. Namun, jika tidak bisa mengatasinya maka dapat kamu bawa ke tempat service. Cara mengatasi laptop lemot mudah dan bisa dicari penyebabnya.

Posting Komentar untuk "Laptop Anda Lemot? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya"