Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

IPhone Anda Lemot? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ketahui Penyebab dan Tips Mengatasi Masalah iPhone Lemot
Melakukan aktivitas di dunia maya seperti sekarang ini tentu saja sudah menjadi hal yang umum dilakukan oleh sebagian besar kalangan masyarakat. Aktivitas ini tentunya harus didukung dengan adanya perangkat pendukung yang digunakan. Seperti misalnya ketika anda menggunakan perangkat iPhone dalam menjelajahi dunia maya. Akan tetapi, bagaimanakah jadinya jika perangkat iPhone lemot? Baca juga cara merawat hp android agar tidak lemot

Beberapa masalah yang membuat perangkat iPhone sering lemot

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai bagaimana cara mengatasi iPhone lemot, ada baiknya bagi anda untuk tahu lebih dulu mengenai berbagai macam faktor yang mengakibatkan perangkat berjalan lemot hingga mengganggu kenyamanan penggunaan. Umumnya, masalah iPhone yang lemot disebabkan oleh beberapa hal di antaranya yakni sebagai berikut :

Membuka banyak aplikasi dalam waktu bersamaan

Seringkali tidak disadari oleh seseorang bahwa salah satu penyebab masalah iPhone menjadi lemot yakni karena mereka sering membuka banyak aplikasi di perangkat dalam waktu bersamaan. Hal inilah yang akhirnya mengakibatkan kinerja perangkat sering tidak dapat berjalan dengan lebih maksimal. Sehingga, bukan tidak mungkin hal ini akan membuat kinerja perangkat lebih lambat bahkan terkadang error.

Kapasitas penyimpanan yang kurang mencukupi

Apabila ruang penyimpanan pada perangkat menipis, maka hal ini juga akan mengakibatkan kinerja perangkat iPhone menjadi kurang berjalan optimal. Akibatnya, hal inilah yang akan membuat anda merasa terganggu saat akan menggunakan perangkat tersebut dalam melakukan segala aktivitas di dalamnya. Oleh karena itu, ada baiknya bagi anda untuk selalu memastikan lebih dulu bahwa ruang penyimpanan memiliki ruang penyimpanan yang mencukupi.

Menggunakan mode daya rendah

Penyebab iPhone lemot juga bisa disebabkan karena seseorang menggunakan mode daya rendah demi memperpanjang masa pakai baterai. Tujuan dari penggunaan ini biasanya digunakan untuk mengurangi jumlah daya yang dipakai oleh perangkat. Namun, anda perlu tahu bahwa menghidupkan mode daya rendah tanpa henti justru akan menjadikan kinerja perangkat kurang mampu berjalan secara optimal.

Kondisi perangkat yang terlalu panas

Memakai iPhone dalam waktu yang relatif lama biasanya akan menimbulkan suhu pada perangkat menjadi lebih panas. Padahal, hal ini harus anda hindari sebisa mungkin. Sebab, kondisi inilah yang menjadi salah satu penyebab mengapa perangkat akan menjadi lemot dari segi kinerjanya. Untuk itu, selalu usahakan bahwa perangkat tidak dalam keadaan bersuhu terlalu panas.

Bagaimana cara mudah mengatasi masalah iPhone yang lemot?

Jika anda sering kali mengalami masalah iPhone lambat dan lemot, maka perlu untuk melakukan beberapa upaya penting yang bisa dilakukan seperti berikut ini :

Menghapus aplikasi yang jarang digunakan

Agar iPhone dapat berjalan lebih maksimal dalam penggunaannya, maka sebaiknya anda memeriksa semua aplikasi yang terpasang di dalamnya. Jika ada aplikasi yang jarang digunakan, sebaiknya langsung dihapus agar tidak memengaruhi kinerja perangkat tersebut saat digunakan. Hal ini penting sekali untuk dilakukan agar memori penyimpanan tidak penuh dan tidak membebani sistem di perangkat tersebut.

Lakukan restart ulang sistem pada iPhone

Untuk membuat kinerja iPhone dapat berjalan secara normal, maka anda bisa melakukan cara dengan me-restart ulang sistem pada perangkat tersebut. dengan tips ini, maka berbagai cache yang tidak terpakai nantinya akan dibersihkan secara otomatis oleh perangkat. Adapun untuk melakukan proses restart ini, anda tinggal tekan dan tahan tombol volume dan daya secara bersamaan sampai muncul penggeser daya mati. Setelah itu, tinggal matikan perangkat dan hidupkan kembali perangkat tersebut.

Matikan fitur auto-download di perangkat iPhone

Pihak pengembang umumnya akan memberikan notifikasi pembaruan (update) aplikasi atau game otomatis yang terpasang di perangkat iPhone secara berkala. Akan tetapi, agar perangkat yang dipakai tidak berjalan lambat dan lemot, maka anda perlu untuk mematikan fitur auto-download di dalam perangkat iPhone. Disini, anda juga bisa memilih update terbaru di sejumlah aplikasi yang memang sering dipakai sehari – hari.

Matikan fitur auto-refresh aplikasi di background

Bukan hanya mematikan fitur auto-download untuk proses update, anda juga perlu untuk mematikan fitur auto-refresh aplikasi di background. Hal ini penting dilakukan mengingat aplikasi yang berjalan di perangkat umumnya akan terus melakukan refresh secara real time, meski anda tidak menggunakannya. Dengan cara ini, maka iPhone akan terhindar dari masalah kinerja perangkat lemot.

Demikianlah ulasan menarik bagi anda mengenai penyebab dan tips cara mengatasi masalah iPhone lemot secara mudah agar kinerjanya berjalan lancar.

Posting Komentar untuk "IPhone Anda Lemot? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya"