Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Riset Keyword Gampang dan Praktis Menggunakan Google Keyword Planner 100% Gratis

Cara Riset Keyword Gampang dan Praktis Menggunakan Google Keyword Planner 100% Gratis
Google penelusuran adalah mesin pencari yang paling banyak digunakan hingga saat ini. Apapun yang dilakukan menggunakan internet, pasti tidak akan lepas dengan google penelusuran. Orang-orang akan pergi ke google penelusuran terlebih dahulu untuk mendapatkan informasi yang ia butuhkan.

Seseorang yang mencari informasi melalui google penelusuran sudah pasti akan memasukkan kata kunci tertentu. Dengan kata kunci inilah dia akan menemukan deretan website dan blog yang mempunyai artikel sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan.

Website dan blog yang muncul pada SERP (Search Engine Result Page) tidak dipilih oleh google secara random. Akan tetapi google memiliki penilaian sendiri terkait halaman mana yang akan ditampilkan paling atas.

Dengan kata lain, hanya website dan blog yang memiliki reputasi baik di mata google yang hanya akan ditampilkan paling atas.

Teknik SEO (Search Engine Optimization) yang baik dan benar tentu akan menjadi penilaian lebih di mata google. Seperti yang kita ketahui, teknik SEO dibagi menjadi dua, yaitu Teknik SEO On Page dan Teknik SEO Off Page.

Salah satu Teknik SEO On Page yang biasa diterapkan adalah penggunaan keyword atau kata kunci yang tepat pada setiap artikel. Artikel yang sudah dikemas dengan baik namun minim penggunaan keyword yang tepat tentu akan sulit tampil di halaman paling atas pada google penelusuran.

Oleh karena itu, penting untuk melakukan riset keyword agar artikel atau konten anda dapat bersaing di google penelusuran.

Apa itu Riset Keyword? Dan Apa Tujuannya?

Sederhananya, riset keyword adalah kegiatan untuk mengetahui dan memahami kata kunci apasaja yang sering digunakan oleh banyak orang dalam mencari informasi di google penelusuran. Termasuk di dalamnya adalah analisa keyword tertentu dan membandingkan serta membuat prioritas peluang keyword terbaik untuk artikel blog anda.

Didapatkannya keyword dengan trafik yang cukup tinggi namun dengan persaingan yang rendah adalah salah satu tujuan utama dilakukannya riset keyword.

Bagaimana Cara Riset Keyword dengan Mudah?

Banyak di luar sana tools yang bisa kita manfaatkan untuk riset keyword. Salah satu yang paling sering digunakan adalah Google Keyword Planner. Ya, tools SEO gratis ini adalah asli milik google yang bisa anda gunakan.

Sebenarnya, tools ini diperuntukkan bagi orang-orang yang ingin membeli dan menampilkan iklannya di google. Namun, anda yang tidak bermaksud untuk hal tersebut dapat memanfaatkannya secara gratis demi keperluan riset keyword.

Cara riset keyword menggunakan google keyword planner sangatlah mudah dan praktis. Silahkan ikuti langkahnya di bawah ini:

1. Pertama, silahkan masuk ke halaman ini, kemudian klik Buka Keyword Planner.
halaman awal google keyword planner
2. Anda akan dihadapkan pada dua pilihan, yaitu Temukan kata kunci baru dan Dapatkan volume penelusuran dan perkiraan.

3. Gunakan yang pertama jika anda ingin mengetahui keyword baru atau keyword idea dari keyword utama yang anda masukkan.

4. Gunakan yang kedua jika anda telah memiliki daftar keyword dan hanya ingin melihat detail tanpa menampilkan keyword idea.
riset keyword menggunakan google keyword planner
5. Jika anda butuh dengan keyword idea, silahkan pilih Temukan kata kunci baru. Di sini anda dapat Mulai dengan kata kunci atau Mulai dengan situs.

6. Jika anda Mulai dengan kata kunci, maka anda harus memasukkan kata kunci yang diinginkan. Anda juga bisa memfilter berdasarkan bahasa, lokasi dan juga domain tertentu.

7. Jika anda Mulai dengan situs, silahkan masukkan domain atau halaman yang ingin anda temukan keywordnya.
cara riset keyword menggunakan google keyword planner
8. Klik Dapatkan Hasil, maka detail mengenai keyword atau domain dan url yang anda masukkan akan ditampilkan beserta keyword idea nya.

Hal-Hal Yang Harus Anda Pahami

Setelah detail terkait keyword yang anda masukkan ditampilkan, maka ada hal yang harus anda pahami terkait detail tersebut, diantaranya.

Penelusuran bulanan rata-rata

Penelusuran bulanan rata-rata menunjukkan bagaimana rata-rata kata kunci tersebut dicari setiap bulannya, Ini penting karena dapat mengetahui seberapa populer kata kunci tersebut. Klik pada judul “Penelusuran bulanan rata-rata” untuk menampilkannya dari tertinggi ke terendah atau sebaliknya.

Perubahan tiga bulan

Menenjukkan bagaimana perubahan tren selama tiga bulan. Yaitu dengan membandingkan data bulan terakhir dengan data dua bulan sebelumnya. Misal, apabila bulan terakhir adalah Agustus, maka akan dibandingkan dengan dua bulam sebelumnya yaitu Juni.

Perubahan tahun ke tahun

Detail ini menginformasikan bagaimana volume penelusuran suatu kata kunci dibandingkan pada bulan tearkhir dengan bulan yang sama pada tahun sebelumnya. Jika bulan terakhir adalah Februari 2022, maka akan dibandingkan dengan Februari 2021.

Nah, untuk detail lainnya tidak perlu anda hiraukan. Karena detail ini ditujukan bagi mereka yang ingin membeli dan memasang iklan di google. Misalnya di sini detail Persaingan, yang dimaksud bukanlah seberapa besar persaingan untuk muncul di SERP, akan tetapi seberapa besar persaingan dalam penempatan iklan di google penelusuran.

Begitu juga pada detail Bid halaman bagian atas (rentang rendah) maupun Bid halaman bagian atas (rentang tinggi) .

Riset keyword adalah salah satu faktor penting yang harus dilakukan seorang blogger terhadap konten atau artikel yang ia bagikan. Penggunaan keyword yang tepat tentu akan sangat berpengaruh terhadap performa konten kita di SERP.

Sebenarnya, masih banyak di luar sana tools untuk riset keyword secara gratis. Namun, cara riset keyword menggunakan google keyword planner yang telah disebutkan sebelumnya adalah salah satu cara yang paling banyak digunakan hingga saat ini.

Posting Komentar untuk "Cara Riset Keyword Gampang dan Praktis Menggunakan Google Keyword Planner 100% Gratis"