Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beberapa Cara Merawat Laptop agar Awet

Beberapa Cara Merawat Laptop agar Awet
Cara merawat laptop sangat penting untuk diketahui bagi kamu yang terbiasa melakukan aktivitas sehari-hari atau bekerja dengan menggunakan laptop. Barang elektronik biasanya kinerjanya akan menurun seiring dengan umur pemakaiannya.

Agar performa laptop kamu Tidak menurun secara drastis, maka harus digunakan dan dirawat dengan cara yang benar.

Saat ini ada banyak sekali orang yang menggunakan laptop akan tetapi tidak mengetahui cara untuk merawat laptop dengan baik dan benar. Tidak sedikit orang yang membiarkan laptopnya dalam mode sleep dalam waktu berbulan-bulan tanpa dimatikan.

Perlu kamu ketahui ketika di dalam mode sleep laptop Kamu tidak benar-benar berhenti bekerja. Jika hal ini dilakukan secara terus-menerus tentunya bisa membuat kerusakan kerusakan pada mesin laptop karena dipaksa bekerja terlalu keras tanpa berhenti.

Cara Merawat Laptop dengan Baik dan Benar

Laptop adalah salah satu barang elektronik yang harus dirawat dengan baik dan benar agar memiliki umur yang panjang.

Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar laptop kamu menjadi tidak cepat rusak atau mengalami penurunan performa secara drastis.

Bersihkan keyboard secara rutin

Keyboard laptop memiliki celah-celah yang bisa dimasuki oleh debu. Agar keyboard kamu bisa berfungsi dengan normal sangat disarankan dengan cara merawat laptop membersihkan keyboard laptop secara rutin.

Karena jika terjadi penumpukan debu Mungkin saja akan membuat tombol yang ada pada keyboard tidak berfungsi dengan baik. Tidak sedikit kasus dimana ada beberapa tombol pada laptop yang tidak berfungsi akibat penumpukan debu.

Membersihkan layar

Cara merawat laptop yang kedua yaitu membersihkan layar secara rutin. Sangat mungkin ada kotoran atau debu yang menempel pada layar. Jika dibiarkan secara terus menerus ini bisa menjadi noda membandel yang akan merusak penampilan laptop kamu.

Untuk membersihkan layar laptop juga tidak boleh sembarangan. Karena ketika kamu menggunakan kain yang permukaannya kasar justru bisa merusak layar. Untuk membersihkan layar laptop kamu bisa menggunakan lap microfiber yang biasanya digunakan untuk mengelap kacamata.

Menggunakan tas yang tepat ketika dibawa bepergian

Ketika membawa laptop pergi tentunya harus diletakkan pada tas yang tepat agar bisa mengendarai dari goncangan dan juga benturan. Karena, Jika terjadi benturan atau guncangan yang keras sangat mungkin menyebabkan kerusakan pada komponen laptop.

Kamu bisa menggunakan tas yang memang didesain khusus untuk membawa laptop. Kamu bisa menemukan berbagai macam jenis tas laptop yang keren dengan harga yang relatif terjangkau di berbagai marketplace.

Jangan menggunakan laptop di dekat makanan atau minuman

Cara merawat laptop selanjutnya yang tepat adalah menjauhkannya dari makanan dan minuman. Sangat, tidak disarankan menggunakan laptop sambil makan atau minum.

Karena, hal ini dapat menyebabkan laptop terkena cipratan dari makanan atau minuman. Apalagi jika sampai terkena tumpahan minuman bisa saja membuat laptop mati dan tidak bisa digunakan lagi.

Merawat baterai laptop

Salah satu hal yang seringkali menjadi masalah yaitu adalah baterai laptop yang drop. Oleh karena itu sangat tidak disarankan untuk menggunakan laptop sambil dicharge. Itu merupakan salah satu cara merawat laptop yang efektif agar baterainya tidak cepat drop.

Selain itu, kamu juga harus menggunakan charger dengan daya tegangan yang sesuai dengan laptop kamu. Karena saat ini tidak sedikit orang mengisi daya akan tetapi tidak menggunakan charger ori dan ini cukup berbahaya .

Karena mungkin saja memiliki daya tegangan yang berbeda. Hal ini justru dapat membuat kinerja baterai semakin cepat menurun.

Mematikan dan menggunakan mode sleep di waktu yang tepat

Cara merawat laptop berikutnya yaitu kamu harus tahu kapan laptop harus dimatikan dan kapan harus menggunakan mode sleep. Ketika laptop tidak akan digunakan pada waktu yang lama maka lebih baik untuk dimatikan saja.

Akan tetapi, jika kamu hanya akan tidak menggunakan laptop dalam waktu beberapa menit saja lebih disarankan untuk menggunakan mode sleep. Karena daya yang dibutuhkan mungkin akan lebih sedikit dibandingkan menghidupkan laptop dari awal.

Tentunya bisa menjadi salah satu hal yang sangat menjengkelkan ketika laptop yang namanya menurun secara drastis sehingga tidak bekerja dengan maksimal. Beberapa cara merawat laptop di atas mungkin bisa membantu agar performa laptop tetap baik dan tidak cepat rusak.

Posting Komentar untuk "Beberapa Cara Merawat Laptop agar Awet"