Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Baterai Mengembung? Kenali Penyebab dan Cirinya

Baterai Tanam Mengembung? Berikut Penyebab dan Cirinya
Baterai tanam mengembung memang sering ditemukan pada tempat service. Hal tersebut tentunya menjadi hal yang tidak diinginkan siapapun. Bahkan baterai seperti ini memiliki bahaya dan dampak buruk bagi penggunannya.

Apalagi banyak kasus mengenai penggunaan HP yang meledak saat mengisi daya. Tentu hal tersebut menjadi hal menakutkan bagi semua orang. Selain terdapat ledakan, kebakaran juga tidak bisa dihindarkan.

Biasanya baterainya mengembung akan terasa lebih penuh HPnya dan dapat mencapai 2x ukuran asli. Hal tersebut juga membuat tidak nyaman bagi yang memakainya. Apabila terjadi maka bawa ke service terdekat.

Supaya ponselmu tidak mengalami hal tersebut, maka sebaknya mengetahui cara agar baterai tidak mengembung. Sehingga tetap aman jika digunakan. Karena baterai tanam mengembung bisa menyebabkan berbagai masalah.

Bahkan bateraimu jika membengkak dapat menurunkan kualitas kinerja ponsel. Ponsel akan sering low bat hingga turun mesin serta tidak awet. Penggunaan serta perawatanmu juga harus diperhatikan.

Perilaku buruk dalam menggunakan ponsel ini sangat tidak baik untuk kesehatan baterainya. Mencharge terlalu lama, atau charge dengan telepon tentu bisa menyebabkan ponsel overheat. Sehingga muncul masalah baterai membengkak.

Apabila Baterai Tanam Mengembung, Ada Hal yang Tidak Boleh Dilakukan

Saat ini baterai tanam tersebut mengembung menjadi hal biasa dihadapi oleh tukang service. Jika mungkin dulu baterai membengkak terus ganti sesuka hati. Sekarang harus membawanya ke tempat service untuk dibongkar perangkatnya.

Hindari beberapa hal yang menyebabkan terjadinya kerusakan baterainya. Apalagi jika merupakan jenis lithium Ion, mempunyai struktur tidak stabil. Sehingga kamu harus berhati-hati saat menggunakannya.

Apabila baterai tanam yang mengembung maka ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan. Karena sangat berisiko terjadi kebocoran. Berikut hal tidak boleh dilakukan apabila bateraimu mengalami pembengkakan atau mengembung.

Jangan charge serta memakai HP

Memang menggunakan ponsel dengan baterai tanam mengembung mempunyai risiko tinggi jika dipakai. Akan berbahaya lagi apabila sat mengcharge lalu kamu gunakan. Maka aliran listrik pada baterainya tidak stabil.

Hal ini bisa menyebabkan kebocoran kemudian ledakan berlanjut kebakaran. Tidak sedikit orang yang terkena ledakan tersebut saat sedang di charge. Atau charge sambil telepon dengan oranglain.

Dapat cabut baterainya

Kemudian jika baterai tanam mengembung maka kemungkinan besar akan bertambah ukurannya. Sehingga hal tersebut menyebabkan komponen HP terdesak. Maka dari itu, sebaiknya baterai ponsel dicabut saja.

Apabila tidak dicabut, baterainya yang mengendut akan mendesak serta menekan hardware. Karena baterai tanam, maka bisa membawanya ke tempat service. Kamu juga bisa mengganti dengan tipe yang sama.

Jangan membuang baterai tanam mengembung sembarangan

Hal ini adalah poin terpenting, sehingga hindari membuang baterai bengkak sembarangan. Walaupun belum ada tempat pengolahan benda elektronik seperti baterai, tetapi tidak boleh membuangnya sembarangan.

Cara untuk Menghindari Baterai Mengembung

Baterai memang harus ada perlakukan spesial, sehingga tidak boleh sembarangan. Sehingga dibuang secara baik ataupun disimpan dengan hati-hati. Apalagi jika tempat sampai dibakar, maka bisa berakibat kebakaran. Cara menghindari baterai tanam mengembung dan berdampak berbahaya.

Menjaga baterainya tetap dingin

Supaya bateraimu awet serta tidak menggendut maka pastikan bahwa tetap dingin. Sehingga jika panas, segera berhenti dari menggunakan ponsel. Suhu panas bisa meningkatkan kerusakan ponselmu.

Kemudian, kamu juga harus menghindari meninggalkan smartphone di mobil atau pada ruangan minim ventilasi. Kemudian baterainya ini juga tidak boleh disimpan di ruangan terbuka pada siang hari terik.

Memakai charge berkualitas

Kemudian pastikan bahwa charge yang kamu miliki merupakan asli dari pabriknya. Tetapi, jika memaksa memakai merek lain, maka pastikan bahwa kualitasnya bagus. Jangan mudah tergiur harga murah kualitas rendah.

Jangan dibiarkan terus chargernya

Kemudian jangan membiarkan HP terlalu lama atau terlalu sering charge HP. Bateraimu juga mempunyai umur serta rentang ideal untuk chargenya. Sehingga semakin sering mengisi daya, umur baterai akan menurun.

Ganti Baterai

Semakin lama ponsel tersebut tentu juga akan mempengaruhi umur baterinya. Setiap tahun tentu akan berkurang, baterai tua juga memiliki beberapa risiko bagi pemakainya. Jika mengembung ganti dengan merek aslinya.

Memang sulit jika menentukan bagaimana harus menjaga baterainya tetap bagus. Walaupun perawatan baik masih bisa menurunkan umur baterai. Tapi usahakan baterai tanam mengembung tidak terjadi, karena bisa berisiko.

Posting Komentar untuk "Baterai Mengembung? Kenali Penyebab dan Cirinya"