Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Laptop Overheat Beserta Cara Mengatasinya

Penyebab Laptop Overheat Beserta Cara Mengatasinya
Ada berbagai macam penyebab laptop overheat. Ketika suhu terlalu panas dan senyawa ini dapat menyebabkan beberapa kerusakan pada komponen laptop. Oleh karena itu, kamu harus menggunakan laptop dengan cara yang benar agar nantinya tidak terjadi overheat.

Laptop adalah salah satu barang elektronik yang bisa dikatakan cukup rentan terhadap kerusakan jika tidak menggunakannya sesuai dengan aturan. Setiap raptor tentunya memiliki kelebihan dan juga kekurangannya masing-masing.

Oleh karena itu, kamu harus menggunakan laptop sesuai dengan spesifikasinya. Karena saat ini banyak orang yang memaksa laptop bekerja terlalu keras sehingga menjadi penyebab laptop overheat.

Dalam jangka pendek mungkin saja overheat bukan sebuah masalah yang besar. Akan tetapi jika ini terjadi secara terus-menerus Bukan tidak mungkin akan menyebabkan kerusakan pada salah satu komponen laptop kamu.

Sebenarnya laptop saat ini sudah dilengkapi dengan teknologi yang cukup canggih untuk mengatasi mesin yang terlalu panas. Akan tetapi, jika menggunakan laptop tidak sesuai dengan aturan mesin yang terlalu panas sangat mungkin untuk terjadi.

Untuk itu, ketika kamu membeli laptop baru sangat disarankan untuk membaca spesifikasi dan juga prosedur menggunakannya. Ini sangat penting agar nantinya kamu tahu apa yang boleh dilakukan apa yang tidak boleh dilakukan untuk menjaga laptop dari kerusakan.

Beberapa Penyebab Laptop Overheat dan Cara Mengatasinya

Ada beberapa hal yang bisa membuat laptop kamu menjadi overheat. Sangat penting bagi kamu untuk menggunakan laptop dengan cara yang benar agar nantinya tidak cepat rusak. Berikut beberapa hal yang sebaiknya dihindari ketika menggunakan laptop, karena dapat menyebabkan overheat.

Menggunakan secara terus-menerus

Penyebab laptop overheat yang pertama yaitu menggunakan secara terus-menerus. Menggunakan laptop secara terus-menerus sangat tidak disarankan karena ini dapat membuat mesin bekerja terlalu keras.

Sangat disarankan untuk memberikan jeda bekerja pada laptop untuk menghindari mesin overheat. Dengan mematikan laptop dalam waktu beberapa menit saja mungkin saja sudah cukup untuk membuat mesin kembali dingin.

Meletakkan laptop pada tempat yang salah

Salah satu yang menjadi penyebab laptop overheat adalah meletakkan laptop di atas bantal atau kasur. Hal ini dapat menyebabkan ventilasi pada laptop menjadi tertutup dan sirkulasi udara tidak lancar.

Seharusnya ketika laptop digunakan diletakkan pada tempat yang datar. Jika bekerja di atas kasur sebaiknya menggunakan papan penyangga agar ventilasi yang terdapat pada laptop tidak tertutup.

Kamu bisa menggunakan meja lipat agar nantinya lebih mudah untuk dipindah-pindahkan. Dengan meletakkan pada tempat yang datar ini dapat menghindari overheat akibat ventilasi yang tertutup.

Kipas laptop sudah tidak berfungsi dengan baik

Ini merupakan masalah umum yang sering terjadi pada laptop yang sudah berumur. Kipas laptop yang sudah tidak berfungsi dengan baik bisa menjadi salah satu faktor penyebab laptop overheat.

Untuk menghindari kipas yang rusak Kamu bisa melakukan pembersihan secara rutin. Atau jika memang kipas sudah terlanjur rusak Kamu bisa membeli papan yang dilengkapi dengan kipas.

Ini akan sangat berguna untuk membantu mendinginkan laptop kamu ketika digunakan. Karena tentunya ketika kita sudah tidak berfungsi tidak ada alat yang membantu proses pendinginan.

Thermal paste sudah kering

Thermal paste sudah kering juga bisa menjadi penyebab laptop overheat. Thermal paste berada tepat di atas prosesor yang berguna untuk membantu mendinginkan prosesor.

Semakin lama, umur laptop biasanya kinerja thermal pasta akan semakin menurun. Untuk mengatasi hal ini tidak ada cara lain selain menggantinya dengan yang baru.

Menggunakan aplikasi yang melebihi spesifikasi laptop

Ketika kamu menginstall aplikasi sebaiknya memperhatikan spesifikasi laptop yang kamu miliki. Hal ini sangat penting agar nantinya processor tidak bekerja melebihi batas kemampuannya.

Masih banyak orang yang memaksakan laptopnya untuk bekerja menggunakan aplikasi yang tidak sesuai dengan spesifikasinya. Jika terus dipaksakan seperti itu, justru dapat menyebabkan laptop menjadi rusak.

Overheat adalah salah satu masalah umum yang sering ditemui oleh pengguna laptop di Indonesia. Setelah mengetahui penyebab laptop overheat dan cara mengatasinya seharusnya masalah mengenai laptop overheat sudah bisa kamu kendalikan.

Posting Komentar untuk "Penyebab Laptop Overheat Beserta Cara Mengatasinya"