Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Laptop Bluescreen Begini Cara Mengatasinya

Penyebab Laptop Bluescreen Begini Cara Mengatasinya
Ada banyak penyebab laptop bluescreen, hal ini tentunya sangat mengganggu. Adanya kesalahan atupun error yaitu dari bagian sistemnya serta bisa terjadi kapan saja dengan alasan yang tidak pasti.

Sama halnya penyakit pada manusia, terkadang terjadinya error tidak dapat dipastikan penyebabnya. Tiba-tiba terjadi dan masih belum mengerti apa yang salah pada perangkat laptop tersebut.

Ada beberapa hak yang menyebabkan windows menjadi tampilan blue screen. Kondisi ini biasa diebut error, bukan hanya pada laptop tetapi juga komputer. Kesalahan ini dikarenakan terjadi pada system Microsoft windows.

Penyebab laptop bluescreen adalah background tidak pernah diinginkan oleh siapa saja muncul pada komputer maupun laptopmu. Bluescreen ini muncul apabila microsort windows mengalami kesalahan sehingga tidak dapat dipulihkan.

Apabila terjadi kejadian tersebut, maka layar biasanya bewarna biru disertai tulisan warna putih. Serta biasanya muncul emoticon dengan wajah sedih. Blue screen ini muncul apabila pc mengalami kesalahan fatal.

Sehingga kenali dengan baik penyebabnya, agar tidak terulang kembali setelah diperbaiki atau membeli perangkat baru. Karena jika belum mengerti penyebabnya, bisa terulang lagi karena kesalahan kecil.

Penyebab Laptop Bluescreen Berikut Ini

Laptop Bluescreen
Ada beberapa penyebab sebuah laptop bluescreen, sehingga jika hal tersebut muncul maka segera pulihkan kembali. Biasanya ia muncul disebabkan karena perangkat keras maupun dari perangkat lunak.

Bagaimana juga jika hal tersebut muncul dalam pc maupun laptopmu, maka segera selamatkan tugas yang belum tersimpan. Karena jika hal tersebut terjadi, maka sudah tidak ada waktu untuk menyimpannya.

Blue screen apabila windows menemukan tulisan STOP ERROR. Kegagalan ini bisa menyebabkan windows berhenti bekerja. Salah satu yang dapat dilakukan saat itu ialah dengan restart kembali laptopnya.

Hal tersebut juga bisa menyebabkan hilang data. Karena program tidak sempat untuk menyimpannya ketika masih terbuka. Penyebab laptop bluescreen menjadi hal yang paling ditakuti semua orang.

Karena jika mengerjakan tugas dan belum selesai, serta tidak sempat disimpan. Maka tugas tersebut akan hilang dan akhirnya kamu mengulang dari awal. Sehingga hindari agar tidak terkena masalah tersebut.

Jika mengetahui penyebab laptop bluescreen maka mengatasinya lebih mudah. Windows nantinya secara otomatis memberikan informasi mengenai kerusakan serta menyimpan dalam disk dalam file minidump. Sehingga mudah mengindentifikasi penyebabnya.

Blue screen menjadi masalah yang banyak dikeluhkan oleh pengguna laptop. Apabila kamu juga mengeluhkan hal sama, maka kenali dulu penyebabnya lalu dapat dibawa ke tempat service terdekat.

Perangkat Lunak Menjadi Penyebab Laptop Bluecsreen?

Ada penyebab laptop bluescreen baik dari perangkat lunak maupun perangkat keras. Sehingga kenali dengan baik agar tidak terulang kembali. Berikut hal yang menyebabkan pc blue screen.

Program atau driver baru

Hapus program yang baru saja kamu install, dapat secara langsung atau tidak langsung mengakibatkan kode STOP. Jika kamu memperbarui drivernya maka mempunyai pilihan mengembalikan driver ke perangkat.

Program atau driver lama

Penyebab laptop bluescreen berikutnya sebaliknya, apabila menginstal ulang driver atau program baru dapat mengembalikan blue screen. Beberapa kali, perangkat lama juga bisa menjadi penyebab adanya STOP error terputus.

File sistem rusak

Kemudian terkadang adanya kesalahan serta mendorong adanya pembaruan, sehingga menyebabkan sistemnya macet. Apabila instalan bisa dihapus dan tidak menyebabkan blue screen maka hapus saja file rusak.

Virus atau Malware

Kemudian pindai system yang dapat menghapus virus serta malware. Karena dapat merusak system atau driver. Pastikan antivirus juga bisa diperbarui dalam versi terbaru menggunakan cara tersebut.

BIOS

Kemudian BIOS merupakan salah satu yang jarang menyarankan untuk diperbarui. Biasanya berfungsi dengan baik, tetapi masih sering terjadi ketidakcocokan hingga menyebabkan bluescreen. Sehingga kamu dapat mengubah versi lama ke terbaru.

Ruang penyimpanan kecil

Selama upgrade ke operasi system baru, kurang ruang penyimpanan ternyata juga dapat menyebabkan bluescreen. Maka periksa terlebih dahulu ruang penyimpanan agar tidak terjadi masalah tersebut.

Periferal perangkat keras

Kemudian keyboard serta mouse, maka kamu bisa cabut periferal lain misalnya flash drive atau kartu SD, minitor sekunder, printer, dan lainnya. karena aksesoris tambahan seperti ini bisa menganggu system operasi.

Ada banyak hal yang perlu diketahui agar laptopmu tidak error lagi jika sudah diperbaiki. Penyebab laptop bluescreen tentu bisa diketahui, dan jika beberapa cara gagal maka segera bawa ke tempat service.

Posting Komentar untuk "Penyebab Laptop Bluescreen Begini Cara Mengatasinya"