Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri Laptop Terserang Virus, Simak Baik-Baik

Ciri Laptop Terserang Virus, Simak Baik-Baik
Ada berbagai macam ciri laptop terserang virus. Ketika menggunakan perangkat seperti laptop atau komputer sepertinya kamu harus sangat berhati-hati. Karena jika tidak berhati-hati laptop Kamu mungkin saja akan terinfeksi oleh virus.

Sebenarnya saat ini sudah tersedia berbagai macam sistem yang bisa membantu untuk menghindari virus menginfeksi laptop. Walaupun begitu, masih terdapat berbagai macam cara yang bisa membuat laptop atau komputer terserang oleh virus.

Seperti misalnya saja, Saat ini sistem operasi windows telah memiliki fitur anti-virus gratis. Akan tetapi itu saja masih belum cukup jika tidak dibarengi dengan kewaspadaan ketika berselancar di dunia maya.

Ketika laptop sudah terinfeksi oleh virus, Kamu harus segera menghentikannya agar tidak menyebar. Oleh karena itu, sangat penting bagi kamu untuk mengetahui ciri laptop terserang virus.

Akibat dari laptop yang terserang oleh virus mungkin saja memberikan dampak yang berbeda-beda. Bisa saja virus tersebut merusak performa yang mengakibatkan laptop lemot atau juga merusak berbagai macam file yang ada di laptop.

Hal ini sangat berbahaya, apalagi jika Kamu menyimpan berbagai macam file penting di dalam laptop. Ketika file sampai rusak atau tidak bisa dibuka tentunya ini akan sangat merugikan.

Beberapa Ciri Laptop Terserang Virus

Ada beberapa indikasi laptop telah tersusupi oleh virus. Jika laptop kamu mengalami indikasi di bawah ini maka perlu diwaspadai, laptop telah terinfeksi oleh virus.

Kinerja laptop menurun secara drastis

Salah satu ciri laptop terserang virus yang paling umum yaitu adalah menurunnya performa secara drastis dan secara tiba-tiba, seperti laptop yang sering mengalami not responding. Jika Kamu mengalaminya maka perlu diwaspadai bahwa laptop sudah dimasuki oleh virus.

Kamu bisa melakukan scanning dengan antivirus untuk mengetahui apakah benar ada virus yang sudah menginfeksi laptop atau belum. Jika ada virus terdeteksi segera lakukan pembersihan agar tidak menyebar.

Aplikasi antivirus mendadak berhenti

Saat ini kemampuan orang-orang untuk menciptakan virus semakin canggih. Beberapa virus bahkan memiliki kemampuan untuk menonaktifkan system antivirus yang ada pada laptop kamu.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk melakukan pengecekan apakah antivirus yang kamu gunakan hidup atau tidak. Pastikan untuk selalu mengaktifkan antivirus untuk menghindari penyusupan virus.

Muncul program atau aplikasi aneh pada laptop

Ketika ada Berbagai macam program atau aplikasi yang muncul tiba-tiba, tanpa kamu install juga merupakan salah satu ciri laptop terserang virus.

Jika kamu menemukan berbagai macam aplikasi yang secara tiba-tiba muncul sangat disarankan untuk uninstall aplikasi tersebut. Karena mungkin saja aplikasi adalah bagian dari virus.

Muncul iklan pop-up secara tiba-tiba

Mungkin saja kamu pernah menemukan iklan Pop Up yang muncul secara tiba-tiba ketika laptop Terhubung dengan internet. Ini juga menjadi salah satu indikasi laptop atap kamu terserang oleh.

Iklan pop-up ini biasanya muncul karena malware yang menyerang pada Browser. Untuk mengatasinya kamu bisa uninstall browser kamu kemudian mendownloadnya kembali.

Ada file yang hilang atau terkunci

Ciri laptop terserang virus selanjutnya yaitu ada file yang tiba-tiba hilang atau terkunci. Virus memiliki kemampuan untuk menyembunyikan berbagai macam file yang ada di laptop.

Jika ini terjadi pada file-file penting, tentunya akan sangat berbahaya. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk melakukan backup ketika menyimpan file-file penting untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Hardisk tiba-tiba penuh

Hardisk tiba-tiba penuh juga merupakan salah satu hal umum yang terjadi ketika laptop terinfeksi oleh virus. Karena ada beberapa virus yang bekerja dengan menduplikat berbagai macam file sehingga hardisk menjadi cepat penuh.

Processor selalu penuh

Ciri laptop terserang virus berikutnya yaitu processor selalu penuh. Kamu bisa mengecek kinerja processor melalui task manager. Pada bagian teks manager kamu bisa melihat program apa saja yang mengambil daya processor.

Laptop sering restart sendiri atau mati mendadak

Jika laptop sering restart sendiri atau mati mendadak mungkin saja itu menjadi akibat virus. Akan tetapi, kamu harus melakukan pengecekan terlebih dahulu, apakah hal tersebut memang karena virus atau karena hal lain.

Di zaman yang sudah serba canggih seperti saat ini, kita memang harus selalu berhati-hati ketika menggunakan teknologi. Dengan mengetahui ciri laptop terserang virus seharusnya kamu bisa lebih berhati-hati untuk menghindari Infeksi virus yang bisa datang kapan saja.

Posting Komentar untuk "Ciri Laptop Terserang Virus, Simak Baik-Baik"