Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resmi Undur Diri, HP BlackBerry Tak Bakal Dapat Dukungan Per Januari 2022

HP Blackberry

Siapa di antara kalian yang pernah kirim chat ke gebetan atau tukaran PIN BBM dengan HP BlackBerry? Ada kabar kurang mengenakan yang baru diumumkan BlackBerry pada awal 2022, Sobat. Pasalnya, vendor ponsel asal Kanada tersebut bakal menghentikan dukungan sistem operasi BlackBerry (BBOS) pada semua perangkatnya, dari ponsel sampai tablet.

Meski popularitas BlackBerry turun drastis sejak iPhone dan smartphone Android mendominasi pasar, kenyataannya masih ada segelintir orang yang setia memakainya buat berkomunikasi atau menyimpan file-file lama. Sayangnya, BlackBerry tak bisa menyaingi kompetitornya yang semakin populer dan terpaksa harus ‘mengubur’ produknya dari peredaran.

Resmi tak berfungsi di awal tahun

Kabar BlackBerry yang akhirnya menghentikan dukungan pada semua perangkatnya bukan hal mengejutkan, Sobat. Apalagi kalau kita melihat sengitnya persaingan pasar smartphone yang masih dikuasai Apple dan Google. Sobat yang masih pakai HP BlackBerry pun sepertinya harus siap-siap hijrah ke ponsel dengan sistem operasi terbaru.

Menurut pengumuman yang dimuat dalam laman FAQ di website-nya, BlackBerry bakal melepas dukungan buat BlackBerry 7.1 OS dan BlackBerry PlayBook OS 2.1 beserta versi-versi pendahulunya. Dengan kata lain, ponsel-ponsel lawas dari BlackBerry yang sempat booming di era 2000-an dan 2010-an seperti BlackBerry Torch, Curved, Bold, bahkan Z10 tak bisa Sobat pakai lagi.

Penghentian dukungan pun dilakukan secara menyeluruh pada layanan-layanan HP BlackBerry. Sobat sudah tidak bisa lagi menelepon atau menerima panggilan, mengirim SMS, bahkan browsing internet. Aplikasi-aplikasi bawaan seperti BlackBerry Messenger, BlackBerry Desktop Manager, BlackBerry Link, sampai BlackBerry Pocket benar-benar bakal mati total.

Namun, Sobat tak perlu sedih, sebab BlackBerry tak akan benar-benar ‘mati’. Mereka sekarang pindah haluan dan memfokuskan usahanya ke software serta layanan keamanan cerdas (intelligent security) buat perusahaan sampai pemerintah di seluruh dunia.

Walau kabar buruk ini terkesan tiba-tiba, BlackBerry sebenarnya sudah mempersiapkan diri sejak 2017. Mereka masih memberikan dukungan buat BlackBerry 10 sebagai salah satu seri ponsel populernya selama dua tahun sebelum akhirnya harus mengucapkan selamat tinggal pada 2022.

Hal-hal yang bakal bikin kangen dari BlackBerry

Berhentinya dukungan buat HP BlackBerry tak dipungkiri bikin para penggunanya bernostalgia dengan ponsel tersebut. Pada masa puncak popularitasnya, BlackBerry mampu menjangkau banyak kalangan, dari remaja, anak kuliahan, pegawai kantoran, sampai businessman. Lalu, apa saja hal-hal yang bikin banyak orang kangen memakai BlackBerry, ya?
  1. PING!
  2. Sering dapat pesan PING! saat chatting pakai WhatsApp atau Telegram? Buat Sobat yang belum tahu asal-usulnya, PING! merupakan notifikasi dari BlackBerry Messenger yang biasanya dipakai buat memulai percakapan atau follow up kalau pesan tak kunjung dibaca. Saking populernya, PING! terus dipakai pengguna ponsel besutan Apple atau Android sampai detik ini; membuktikan betapa kuatnya pengaruh BlackBerry.

  3. Status BBM
  4. Jauh sebelum WhatsApp, LINE, dan Telegram muncul sebagai aplikasi chatting populer, ada BlackBerry Messenger (BBM) yang digandrungi para pengguna HP BlackBerry. Fitur status yang awalnya ditujukan buat memperlihatkan keberadaan pengguna pun berubah menjadi tempat curhat hingga memasang kode buat gebetan yang diincar. Bahkan Sobat bisa memasang gambar dan lagu yang sedang didengarkan, lho!

  5. Emoji
  6. Masifnya penggunaan emoji tak terlepas dari kontribusi BlackBerry. Emoji-emoji yang ditampilkan umumnya terdiri atas deretan karakter yang dibuat menyerupai ekspresi tertentu. Saking populernya, beberapa orang secara khusus mengumpulkan emoji dan mengunggahnya di media sosial buat dipakai di HP BlackBerry. Seperti PING!, emoji khas BBM juga masih kerap digunakan meski sudah ada versi lebih modern yang diperkenalkan iOS maupun Android.

  7. Broadcast
  8. Satu lagi fitur yang bakal bikin Sobat makin kangen dengan BlackBerry adalah Broadcast. Sejumlah aplikasi chatting mengadopsi konsep fitur tersebut untuk mengirimkan pesan ke sejumlah orang secara sekaligus. Dengan Broadcast, Sobat bisa mengirimkan pesan ke lingkaran pertemanan atau keluarga. Isi pesan yang cukup populer dibagikan melalui fitur tersebut mencakup daftar PIN BBM hingga ucapan untuk berbagai hari raya keagamaan.

Bagaimana, Sobat? Sudah siap mengucapkan selamat tinggal buat HP BlackBerry kesayanganmu?

Posting Komentar untuk "Resmi Undur Diri, HP BlackBerry Tak Bakal Dapat Dukungan Per Januari 2022"