Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis, Simak Penjelasannya!

Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis, Simak Penjelasannya!
Baterai laptop cepat habis memang menjadi salah satu masalah yang sering dialami banyak orang. Biasanya hal ini terjadi ketika laptop sudah digunakan selama beberapa bulan atau tahun.

Laptop merupakan salah satu gadget paling berguna dalam kehidupan sehari-hari. Sebab, gadget satu ini memiliki fungsi lengkap. Bisa digunakan untuk bekerja, sarana hiburan, hingga mengasah kreativitas kamu.

Jika dibandingkan komputer biasa, tentu laptop jauh lebih unggul karena bisa dibawa ke mana saja. Jadi, kamu bisa mengerjakan pekerjaan atau project lebih fleksibel. Namun, hal ini hanya dapat terjadi jika baterai laptop tahan lama.

Untuk kamu yang memiliki baterai laptop cepat habis, tetap harus mencari sumber listrik agar bisa menggunakannya. Penyebab baterai laptop yang cepat habis ini cukup banyak.

Untuk mengetahui lebih jelasnya, simak pembahasan mengenai penyebab baterai dari laptop berikut ini.

Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis

Baterai dalam laptop memiliki fungsi penting yaitu sebagai penyimpan daya. Sehingga, kamu bisa mengoperasikannya meski tidak terhubung ke sumber listrik. Baterai laptop memiliki periode performa maksimalnya.

Biasanya, perusahaan akan membekali baterai laptop yang bisa digunakan berjam-jam tanpa harus khawatir. Semakin lama digunakan, maka performa baterai akan semakin menurun. Hal ini sangat wajar terjadi, bahkan pada semua alat elektronik.

Hanya saja, pada beberapa kondisi penurunan performa ini kurang wajar atau terlalu cepat sebelum masa periodenya. Penyebab baterai laptop cepat habis ini bisa dikarenakan beberapa alasan, yaitu:

Penggunaan Laptop Terlalu Lama

Penggunaan laptop yang terlalu lama secara non-stop akan membuat baterai dan komponen laptop panas. Jika hal ini dilakukan terus menerus, maka komponen baterai akan cepat rusak yang berpengaruh pada kapasitasnya.

Kapasitas baterai bisa berkurang hingga cukup banyak. Misalnya kapasitas awal baterai adalah 100 persen, maka penurunannya pada periode tertentu bisa mencapai 30 persen menjadi 70 persen.

Jika kondisi tersebut dibiarkan terus menerus, maka baterai laptop cepat habis hanya dalam waktu yang sangat singkat. Kemungkinan terburuknya adalah kamu harus selalu menghubungkan laptop dengan daya.

Men-Charger Sambil Dioperasikan

Tidak dapat dipungkiri, kebiasaan ini memang sangat sering dilakukan oleh pemilik laptop. Kamu akan menggunakannya sambil di-charger. Kebiasaan sepele ini bisa berakibat fatal dan mempengaruhi performa baterai.

Ketika kamu menggunakan laptop sambil men-chargernya, maka daya yang masuk akan langsung tersedot. Dengan demikian, pengisian daya tidak akan berjalan secara sempurna dan menyebabkan baterai laptop cepat habis.

Oleh sebab itu, untuk tetap memelihara performa baterai, jangan lakukan lagi kebiasaan ini. Isi terlebih dahulu daya laptop, baru kemudian digunakan.

Laptop Bekerja Terlalu Keras

Setiap laptop memiliki kapasitas kemampuannya masing-masing. Jika laptop yang kamu miliki kapasitas kemampuannya tidak terlalu canggih, maka jangan terlalu memaksakannya melakukan pekerjaan di luar kemampuannya.

Sebab, meski dalam waktu singkat tetap berjalan normal, lama kelamaan komponen laptop akan terganggu. Baik dari segi komponen hardware dan software. Salah satu dampaknya adalah baterai laptop cepat habis.

Tidak hanya berbahaya bagi kapasitas baterai, kebiasaan ini juga akan berpengaruh pada komponen lainnya. Sehingga laptop not responding, blank bahkan rusak secara permanen. Oleh sebab itu, sesuaikan penggunaan laptop dengan kemampuannya.

Sembarangan Mencopot dan Memasang Baterai

Meski saat ini kebanyakan baterai laptop sudah tertanam di dalam komponennya, tapi masih ada beberapa yang bisa bongkar pasang. Untuk laptop dengan jenis baterai seperti itu, maka jangan mencopot dan memasangnya sembarangan.

Sebab, kebiasaan tersebut dapat menyebabkan baterai laptop cepat habis. Apa lagi, jika kamu mencopot baterai saat menggunakan laptop dan mencolokannya langsung ke sumber listrik.

Hal tersebut membuat aliran listrik yang masuk ke dalam laptop jadi tidak stabil. Sehingga, berisiko membuatnya mati secara tiba-tiba. Sehingga, risiko kerusakan komponen lainnya semakin besar.

Oleh sebab itu, lebih baik kamu tetap menggunakan baterai saat mengoperasikan laptop. Selain lebih aman untuk baterai, tapi juga lebih aman untuk komponen lainnya.

Tetap Mengisi Daya Saat Baterai Penuh

Jangan bohong pasti kamu sering melakukan kebiasaan ini, tetap mengisi baterai meski sudah penuh. Ternyata kebiasaan ini dapat menyebabkan baterai laptop cepat habis karena akan merusak komponen di dalam baterai.

Sehingga, kapasitas dan performanya akan menurun. Jika dilakukan terus menerus, maka akan membuat laptop rusak lebih parah. Jadi, mulai kurangi kebiasaan ini jika kamu ingin laptop lebih awet dan tahan lama.

Mulai sekarang, coba kurangi bahkan hindari semua kebiasaan di atas. Sehingga, bisa menghindarkan kamu dari baterai laptop cepat habis dan laptop cepat rusak.

Posting Komentar untuk "Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis, Simak Penjelasannya!"