Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bingung dengan Laptop yang Tidak Merespon? Inilah Cara Cepat Mengatasi Laptop Not Responding

Bingung dengan Laptop yang Tidak Merespon? Inilah Cara Cepat Mengatasi Laptop Not Responding
Pernah tidak saat sedang mengerjakan tugas sekolah ataupun pekerjaan tiba-tiba laptop berhenti dan muncul tulisan not responding pada program yang sedang dibuka? Bagaimana perasaannya, menyebalkan sekali bukan? Terlebih saat berada dalam situasi ini Sobat tidak bisa mengklik apapun, lalu bagaimana cara mengatasi masalah laptop not responding seperti ini? Berikut penjelasannya.

Cara Mengatasi Laptop Not Responding

Laptop yang tidak merespon ini biasanya akan kembali pulih setelah menunggu beberapa waktu, tapi terkadang juga memerlukan waktu yang cukup lama, sehingga Sobat tidak bisa melanjutkan pekerjaan yang sedang diselesaikan.

Biasanya yang membuat laptop tidak merespon ini berhubungan dengan program pada laptop yang sedang dibuka. Sehingga untuk mengatasi laptop yang tiba-tiba tidak merespon saat Sobat mencoba mengoperasikannya, perlu dilakukan beberapa cara baik terhadap laptopnya ataupun programnya, yakni

Tutup program

Hal pertama yang bisa Sobat lakukan adalah menutup program yang not responding, Sobat hanya perlu menekan secara bersamaan tombol Ctrl+Alt+Del pada keyboard. Setelah itu, akan muncul Task Manager atau jendela untuk Close Program, tekan End Task agar program yang not responding bisa dihentikan. Jika Sobat masih ingin menggunakan program tersebut, Sobat hanya perlu membukanya lagi dan melanjutkan pekerjaan yang tadi tertunda.

Restart laptop

Jika Sobat sudah melakukan cara pertama dengan menutup program yang not responding, ternyata masih belum berhasil juga, Sobat bisa melakukan restart pada laptop. Setelah itu, coba buka lagi program tersebut, apakah masih not responding atau sudah berjalan lancar.

Update program

Jika kedua cara tersebut sudah dilakukan, namun program yang not responding masih belum bisa digunakan lagi, Sobat perlu memperbarui atau update program tersebut. Bisa jadi penyebab program tidak mau berjalan dikarenakan sudah terlalu usang. Update program ini bisa dilakukan dengan membuka store yang ada pada laptop, atau bisa juga membuka website penyedia pembaruan program tersebut.

Jika Sobat memperbaruinya melalui store, langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah,
  • Ketik nama program yang akan diperbarui pada Search Bar, lalu tekan Enter.

  • Setelah itu akan muncul beberapa program di Store, Sobat tinggal memilih program mana yang akan diupdate.

  • Setelah muncul program yang dipilih, tekan Upgrade atau Install.

  • Kemudian tunggu sampai proses pembaruan program selesai, baru Sobat bisa menggunakan program tersebut lagi.

Install ulang program

Sobat juga masih bisa menggunakan cara lainnya untuk membuat program bisa berjalan dengan baik, yakni dengan melakukan uninstall program lalu menginstalnya lagi. Langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah,
  • Jika Sobat menggunakan windows 10 pada laptopnya, maka hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengetik Add or Remove Program di kolom search bar.

  • Setelah itu akan muncul beberapa program, Sobat perlu menekan Add or remove program, lalu pilih program yang akan dicopot pemasangannya, lalu klik Uninstall.

  • Setelah proses uninstall selesai, Sobat bisa membuka program store, kemudian klik nama program yang tadi di uninstall pada kolom search bar, lalu tekan Enter.

  • Kemudian store akan menampilkan beberapa program, lalu klik program yang akan diinstall lagi, lalu klik Download.

  • Laptop akan mulai memproses download program yang akan diinstal ulang, jika sudah selesai akan muncul task manager yang menunjukan proses download telah selesai.

  • Lalu tekan Next dan centang pada kolom yang tersedia, kemudian tunggu sampai proses install ulang program selesai.

Pindai virus

Selain program yang bermasalah, laptop yang tidak merespon juga bisa disebabkan oleh virus yang sudah menyebar. Makanya Sobat perlu sekali untuk memindai virus yang ada di laptop menggunakan antivirus, baik itu antivirus gratis atau berbayar. Cara yang perlu dilakukan yakni,
  • Buka menu Setting, pilih Update & Security

  • Tekan menu Windows Security, lalu pilih Virus & Threat Protection.

  • Tekan antivirus, dan antivirus tersebut akan memindai virus yang ada di laptop dan menyelesaikannya.

Tidak menggunakan program secara bersamaan

Laptop yang spesifikasinya tidak terlalu tinggi atau digunakan untuk menjalankan program yang berat, biasanya menyebabkan laptop menjadi cepat panas, not responding, dan juga lemot. Maka dari itu, usahakan agar Sobat meminimalisir multitasking program atau menjalankan beberapa program secara bersamaan untuk mengatasi program yang not responding.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Sobat lakukan untuk mengatasi laptop not responding yang pastinya sangat mengganggu.

Posting Komentar untuk "Bingung dengan Laptop yang Tidak Merespon? Inilah Cara Cepat Mengatasi Laptop Not Responding"