Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perlu Waspada, Inilah 3 Cara Mengatasi Perangkat Android yang Terkena Virus

Perlu Waspada, Inilah 3 Cara Mengatasi Perangkat Android yang Terkena Virus
Saat ini banyak gadget yang menggunakan software Android, yaitu sistem operasi yang berbasis Linux, di mana sistem operasi ini dirancang untuk digunakan pada perangkat touch screen (layar sentuh) seperti smartphone dan juga komputer tablet. Karena Android termasuk sistem operasi yang bebas digunakan oleh siapa saja, maka Sobat harus memastikan Android tidak terkena virus.

Meskipun Android dinilai rentan terserang virus, bukan berarti semua penggunanya paham akan hal ini. Beberapa pengguna Android masih belum sadar akan keamanan perangkat yang rentan sehingga tak jarang mereka masih mendownload aplikasi dari sembarang sumber dan bukan sumber resmi, di mana mengunduh aplikasi sembarangan berpotensi mengandung virus di dalam aplikasinya. Tapi Sobat bisa melakukan beberapa hal untuk mencegah perangkat Android terkena virus.

Sebagian besar virus dan malware yang menyerang Android biasanya mudah dihilangkan, namun ada juga beberapa bug yang jahat serta kompleks dan sulit dihilangkan seperti spyware, sehingga penting bagi Sobat untuk melakukan tindakan pencegahan sebelum perangkat terserang virus dan malware yang dapat merusak perangkat.

Lalu, bagaimanakah cara agar Android tidak terkena virus? Haruskah mendownload aplikasi anti virus agar perangkat Android menjadi aman? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, bisa simak artikel ini sampai selesai. Baca juga cara merawat android agar tidak lemot.

Ciri Perangkat Android yang Terserang Virus

Sebelum mulai membahas mengenai langkah apa saja yang harus dilakukan sebagai pencegahan perangkat Android tidak terkena virus, Sobat perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja ciri-ciri dari perangkat yang terserang virus agar dapat segera memperbaiki ketika ada ciri yang muncul.

Perangkat menjadi lebih lambat

Ini merupakan ciri pertama sekaligus ciri paling terlihat dan mudah diketahui ketika perangkat Android terkena virus atau malware. Karena pada dasarnya memang itulah kerja dari virus, yaitu melumpuhkan semua aktivitas di perangkat Android. Penyebab dari lambatnya kerja perangkat Android adalah karena virus membebani RAM sehingga perangkat menjadi lebih lambat.

Perangkat menjadi panas dan boros

Virus yang menyerang perangkat Android akan melakukan aktivitas yang aneh dan hal tersebut bisa sangat menjengkelkan. Ciri yang terlihat adalah perangkat Android Sobat akan mengunduh aplikasi yang tidak jelas secara tiba-tiba sehingga membuat perangkat Android menjadi panas dan kuota menjadi lebih boros.

Selain dua ciri di atas, ciri lainnya adalah baterai menjadi lebih cepat habis, sering muncul pop up notifikasi ‘Aplikasi Telah Berhenti’, dan menerima banyak pesan spam.

Cara Mengatasi Android yang Terkena Virus

Sebelum perangkat Android terkena virus atau mengalami ciri yang telah disebutkan, Sobat bisa melakukan langkah-langkah pencegahan sebagai cara agar Android tidak terkena virus dan perangkat bisa menjadi lebih aman. Berikut ini adalah caranya yang dilansir dari Tech Norms:

Pastikan Hanya Mengunduh Aplikasi yang Resmi

Salah satu sumber yang membuat virus dapat menyerang perangkat adalah dari aplikasi yang diunduh bukan dari sumber yang resmi. Oleh karena itu, jika ingin mengunduh aplikasi usahakan mengunduhnya dari layanan resmi seperti Google PlayStore, dan cek peringkat serta ulasan yang diberikan dari pengguna lain terlebih dahulu. Jika aplikasi tersebut mendapatkan peringkat rendah dan ulasan buruk, maka lebih baik tidak perlu download aplikasi tersebut agar tidak merusak perangkat Android yang dimiliki.

Hindari Mengunduh Aplikasi dari Pihak Ketiga

Pastikan tidak melakukan pengunduhan dari pihak ketiga, supaya perangkat Android tidak terkena virus dan tetap aman. Salah satu caranya adalah dengan mematikan fungsi ini di pengaturan pada perangkat. Pertama, buka menu ‘Setting’ dan pilih opsi ‘Keamanan’, lalu non aktifkan pilihan ‘Sumber Tidak Dikenal’, dan dengan ini dapat menghindari terinstalnya aplikasi yang berasal dari sumber-sumber selain PlayStore.

Jangan Klik Pop Up

Ketika sedang browsing internet, akan muncul banyak pop up iklan yang rasanya sangat mengganggu. Pop up yang muncul ini biasanya akan mengarahkan ke iklan, dan beberapa pop up tersebut akan membuat Sobat mendownload aplikasi yang mengandung malware. Jadi, usahakan untuk tidak klik pop up apapun ketika browsing agar Android tidak terkena virus.

Nah, itulah cara mengatasi perangkat android yang terkena virus, semoga artikel ini dapat bermanfaat

Posting Komentar untuk "Perlu Waspada, Inilah 3 Cara Mengatasi Perangkat Android yang Terkena Virus"