Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memakai Clipboard pada Windows 10 buat Copas Data

Cara Memakai Clipboard pada Windows 10 buat Copas Data
Tahukah Sobat kalau user Microsoft Office rata-rata mem-paste 10 kali per hari? Statistik lain menyebutkan ada 2,3 triliun perintah paste yang digunakan per bulan. Hal tersebut yang lantas mendorong Windows buat merilis fitur clipboard untuk memudahkan copy-paste pada update besar pada Oktober 2018 atau versi 1809.

Sayangnya, masih ada sejumlah user yang belum tahu cara memakai clipboard Windows. Padahal, pekerjaan Sobat bakal lebih efisien dan efektif. Lalu, seperti apa clipboard yang tersedia di Windows 10 dan cara mengaksesnya?

Clipboard dan aksesnya di berbagai perangkat

Clipboard secara umum adalah fitur penyimpanan sementara yang dapat memindahkan data-data sederhana. Sebagian besar user seringnya tak sadar kalau mereka sudah memakai clipboard saat copy-paste, sebab data yang mereka salin secara otomatis tersimpan. Jenis data yang bisa Sobat akses lewat clipboard juga beragam, salah duanya teks dan gambar.

Untuk menyimpan data, clipboard mengandalkan RAM, tetapi Windows 10 sudah memakai sistem cloud dalam praktiknya. Bukan cuma lebih cepat, cloud juga memudahkan Sobat buat melakukan sinkronisasi clipboard di sejumlah perangkat Windows 10.

Akan tetapi, data-data yang tersimpan dalam clipboard bersifat sementara. Hal ini penting harus Sobat ingat baik-baik sebelum mengikuti cara memakai clipboard Windows. Kemudian, kalau Sobat ingin clipboard bisa diakses dari macam-macam perangkat, simak cara pasangnya berikut ini:
  • Ketik clipboard pada kolom Search Windows 10 dan tekan tombol Enter;
  • Ketika jendela clipboard muncul, tekan opsi Sync across devices jadi On.
Ada dua opsi di bawah sync across devices yang akan mengoptimalkan cara memakai clipboard Windows, antara lain automatically sync text that I copy dan never automatically sync text that copy. Opsi kesatu akan membuat Windows secara otomatis menyinkronkan data-data pada clipboard yang lantas dihubungkan ke semua perangkat Windows. Sementara opsi kedua ditujukan buat Sobat yang lebih memilih teknik paste satu per satu.

Kemudian, kalau Sobat mau mengakses history pada clipboard, cukup tekan tombol Windows dan V secara bersamaan. Setelah itu, Sobat tinggal pilih data yang ingin disalin pada dokumen atau file-file lain yang sedang dikerjakan.

Langkah-langkah memakai clipboard pada Windows 10

Sudah siap menggunakan clipboard buat pekerjaanmu? Ikuti cara memakai clipboard Windows berikut ini!
  1. Buka Settings pada Windows (Sobat bisa mengaksesnya dengan menekan tombol WIN dan I secara bersamaan pada keyboard atau tekan logo gear pada Start Windows). Begitu terbuka, pilih System yang akan membawa Sobat pada langkah selanjutnya;

  2. Di bagian navigasi, pilih Clipboard dan nyalakan fiturnya dengan menekan opsi On pada Clipboard History. Dengan begitu, semua riwayat copy-paste tersimpan di sana;

  3. Selain mengaktifkan fitur dengan cara memakai clipboard Windows yang tepat, pastikan fiturnya sudah aktif dengan metode yang disebutkan sebelumnya, yakni menekan tombol WIN dan V.

Pengaturan tambahan pada clipboard

Mau lebih maksimal menggunakan clipboard? Setelah tahu cara menggunakannya, Sobat bisa mengikuti pengaturan tambahan berikut untuk menjadi ‘ahli copas’ dengan clipboard.
  • Modifikasi salinan data
  • Clipboard menyediakan pengaturan lanjutan untuk memodifikasi data-data yang tersimpan dan terdaftar di dalamnya. Sobat bisa menghapus data yang tak diperlukan dengan menekan pilihan Delete hingga menandai data-data yang dianggap bakal dipakai lagi di kemudian hari dengan pin.

  • Sematkan data penting
  • Menyematkan data penting akan lebih mudah dilakukan setelah Sobat mengetahui cara memakai clipboard Windows. Menyambung poin sebelumnya, Sobat bisa pin data pada clipboard sehingga posisinya akan selalu berada di atas daftar riwayat. Caranya hanya dengan menekan tombol P atau ikon pin yang terdapat pada keyboard. Sementara untuk membatalkannya cukup tekan tombol U atau pin hingga posisi data berubah.

  • Fitur-fitur pelengkap lain
  • Untuk menghapus salah satu data dalam clipboard, Sobat bisa tekan tombol Delete atau ikon X pada keyboard. Kemudian, ada juga tombol Clear All yang terletak di sudut kanan atas papan clipboard yang dapat dipakai buat menghapus semua riwayat data.

Semoga cara memakai clipboard Windows ini bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Cara Memakai Clipboard pada Windows 10 buat Copas Data"